MENGERIKAN!!! INI 4 BAHAYA YANG AKAN TIMBUL JIKA HABIS MAKAN LANGSUNG TIDUR..!! NO.3 PALING BERBAHAYA!

MENGERIKAN!!! INI 4 BAHAYA YANG AKAN TIMBUL JIKA HABIS MAKAN LANGSUNG TIDUR..!! NO.3 PALING BERBAHAYA!

Baca Juga

Hampir semua orang mengaku merasa ngantuk setelah selesai makan. Apa Anda juga ? Padahal kita tahu kan makanan berfungsi untuk menambah energi didalam tubuh agar tidak merasa lemas dan tetap bisa beraktivitas dengan semangat.

Tapi kenapa ya, kebanyakan orang merasa mengantuk setelah makan ??



Mungkin ini yang jadi pertanyaan Anda dan jutaan lainnya selama ini. Lalu, apa ya penyebabnya ? Ternyata rasa ngantuk ini disebabkan aliran darah yang lebih banyak mengalir ke saluran pencernaan, hal ini juga menyebabkan pasokan oksigen akan berkurang di bagian otak dan organ-organ lainnya, sehingga membuat tubuh menjadi lemas dan mengantuk.

Kalau sudah begini tidur jadi pilihan pertama bukan ? Tapi sayangnya tidur setelah makan itu sangat berbahaya untuk kesehatan Anda.

Apa bahayanya? Berikut penjelasan mengenai bahaya tidur setelah makan...

1. Tenggorokan terbakar

Bahaya pertama Anda akan mengalami tenggorokan terasa terbakar. Ini disebabkan oleh reflux asam, Gastroesophageal Reflux Disease atau disingkat GERD. Reflux asam ini terjadi karena tidak menutupnya katup perut dan kerongkongan, sehingga memungkinkan asam lambung untuk menjalar ke tenggorokan dan menyebabkan tenggorokan akan terasa terbakar.

2. Rasa pedas di dada

Berbaring setelah makan bisa membuat sistem pencernaan akan bekerja keras sehingga meningkatkan kadar asam lambung dan dapat memicu penyakit maag. Biasanya akan menyebabkan rasa panas di dada, perut dan tenggorokan.

Anda harus tahu lambung akan kosong kembali sekitar 2 jam setelah makan. Tapi, jika Anda berposisi baring setelah makan bisa melambatkan proses pengosongan lambung sehingga bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti mencret atau sembelit. Setidaknya, Anda bisa tunggu hingga 1 jam setelah makan barulah Anda berbaring.

3. Berat Badan Naik

Tidur setelah makan bisa menyebabkan kegemukan. Apa lagi jika Anda makan di waktu larut malam. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena enzim dan asam lambung yang berfungsi untuk mengubah makanan jadi energi tidak aktif, bisa menumpuk kalori dalam tubuh dan berakhir memiliki badan yang gemuk.

4. Serangan stroke

Bahaya yang paling mengerikan tidur setelah makan adalah mengalami serangan stroke. Ini disebabkan karena sistem pencernaan yang bekerja keras untuk mengosongkan lambung dapat memicu peningkatan tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol yang nantinya bisa menyebabkan serangan stroke.

Jika Anda tidak ingin merasa ngantuk setelah makan, sebaiknya jangan makan sampai terasa kenyang. Seperti sunnah Rasul, “makanlah sebelum lapar, berhentilah sebelum kenyang.”

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

Related Posts

MENGERIKAN!!! INI 4 BAHAYA YANG AKAN TIMBUL JIKA HABIS MAKAN LANGSUNG TIDUR..!! NO.3 PALING BERBAHAYA!
4/ 5
Oleh